Software pengembangan animasi dimensi tiga
merupakan software yang banyak digunakan oleh
para praktisi dalam bisnis periklanan.
Software ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas
yang disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max
merupakan software dimensi tiga yang dapat
membuat objek dimensi tiga tampak
realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah
kemampuannya dalam menggabungkan objek image,
vektor dan tiga dimensi, serta langsung
dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi
tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri
sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat
pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang
dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user
dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen
dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus
menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia
untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d
multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari
berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan
mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds
max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3
dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam
mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
Area kerja 3ds max
Area kerja 3ds max
1. Menu, berisi
berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi
yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada
umumnya.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi
koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan
menekan Create > Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan
objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam
suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya.
Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang
berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung
dengan istilah rollout.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat
enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan,
depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat
8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back,
perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning
di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds
max.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan
dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar
seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete
atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu
objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link
yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan fasilitas yang
digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita
akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat
digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk memilih atau
menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan untuk memilih objek
berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move digunakan untuk memilih dan
memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate digunakan untuk memilih dan
memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale digunakan untuk memilih dan
mengubah ukuran objek
l. Use center flyout digunakan untuk menentukan
coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau
mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva
dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi
material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan untuk merender
animasi atau model pada scene terpilih.
1. Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport
terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu
kita ketahui, yaitu :
a. Time Slider
Prinsipnnya
sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu
untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh
keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan
animasi pada suatu objek.
Artikel Terkait
- Membuat Ketebalan
Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis
- Boolean VS
Proboolean
- Membuat Kabut
Pada Scene
- Proses produksi
film animasi 2 dan 3 dimensi
- Memahami Format
File Gambar
- MODELING 3D
BANGKU KECIL
- Membuat Salju di
3Ds Max
- Menggabungkan
Object 3D dengan Foto
- Meshsmooth VS
Turbosmooth
- Membuat Material
Berpendar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar